Selasa, 16 Oktober 2012

Memproduksi barang dan jasa kelas dunia

     Pada kesempatan ini, aku dan kelompokku mempresentasikan tentang bab ini. awalnya sih kami bingung untuk membicarakan dan membahas pada bab ini seperti apa, penjelasan kami di depan kelas apakah nyampai ke pendengar. Dan pada akhirnya inilah yang kami bahas pada waktu mempresentasikan bab ini.



CHAPTER 4
MEMPRODUKSI BARANG DAN JASA KELAS DUNIA


     Di Amerika, cara para pemfaktur untuk mendapatkan kembali daya kompetitifnya adalah :
  • Fokus pada pelanggan
  • Mempertahankan hubungan erat dengan pemasok dan perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
  • Pengembangan yang kontinu
  • Fokus pada kualitas
  • Menghemat biaya
  • Mengandalkan internet
  • Teknik produksi yang baru
    Berikut ini ada beberapa pengertian - pengertian diantaranya :
               Produksi adalah pembuatan barang dan jasa dengan menggunakan faktor - faktor produksi. manajemen produksi merupakan semua aktivitas manajer untuk membantu perusahaan mereka membuat barang.
               Manajemen operasi adalah manajemen yang mengubah atau mentransformasikan sumber menjadi barang dan jasa. Form utility yaitu nilai yang ditambahkan pada suatu pembuatan produk dan jasa yang telah jadi.
               Manufaktur proses merupakan bagian proses yang dimana secara fisik ataupun kimiawi mengubah bahan. Proses perakitan merupakan suatu proses yang dimana menyatukan suatu komponen - komponen menjadi barang. Proses berkelanjutan merupakan proses dimana suatu produk lama berjalan dan menghasilkan barang jadi berkali - kali. Dan proses sebentar - bentar adalah suatu proses dimana jumlah barang yang dihasilkan sedikit dan mesin sering diganti untuk menghasilkan barang yang berbeda.
    Selain itu, tujuan utama dari manufaktur dan manajemen yakni untuk menyediakan produk dan jasa yang berkualitas tinggi secara instan sebagai respon terhadap permintaan pelanggan.
               Manufaktur yang fleksibel  merupakan mendesain mesin untuk melakukan banyak tugas, supaya mesin tersebut menghasilkan beragam produk.
               Manufaktur yang ramping adalah produksi barang dengan menggunakan segala sumber yang lebih sedikit ketimbang massa produksi ; usaha yang lebih sedikit, ruang manufaktur yang lebih sedikit, investasi yang lebih sedikit dan waktu perencanaan yang lebih sedikit untuk mengambangkan produk.
                Penyesuaian massa adalah menyesuaikan pelanggan individu dengan suatu produk yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan individu tersebut.

PERENCANAAN MANAJEMEN OPERASI
Perencanaan manajemen operasi melibatkan banyak isu yang sama, baik dalam sektor manufaktur maupun sektor jasa. isu - isu ini meliputi :
  • Lokasi fasilitas
  • Tata ruang fasilitas
  • Perencanaan persyaratan bahan
  • Pembelian
  • Pengendalian investasi
  • kontrol kualitas
Langkah - langkah yang dilibatkan dalam penggunaan PERT adalah :
  1. Menganalisis dan mengurutkan tugas - tugas yang harus dikerjakan
  2. Memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas
  3. Menggambarkan jaringan PERT yang mengilustrasikan langkah dari 1 dan 2
  4. Mengindentifikasikan jalan penting
Bagan GANTT adalah sebuah grafik batang yang dengan jelas menunjukkan proyek yang sedang dikerjakan dan seberapa banyak yang telah diselesaikan dalam waktu tertentu.

PEMASARAN : MEMBANGUN HUBUNGAN PELANGGAN


CHAPTER 3
PEMASARAN : MEMBANGUN HUBUNGAN PELANGGAN
Pengertian dari pemasaran adalah menentukan keinginan dan pelanggan terhadap memberikan pelanggan barang dan jasa atau melebihi dari harapan mereka.
Selama era produksi, pemasaran sebagian besar merupakan fungsi distribusi. Penekanan ada pada memproduksi sebanyak mungkin barang dan membawanya ke pasar. Ada 3 bagian konsep pemasaran yakni :
·         Orientasi pelanggan
·         Orientasi jasa
·         Dan orientasi laba ( berarti memasarkan barang dan jasa yang akan memberikan laba pada perusahaan yang memungkinkan bertahan dan meluas memberi layanan lebih banyak keinginan dan memenuhi pelanggan)
CRM adalah serangkaian proses dengan karyawan yang memberikan informasi yang mereka perlu tahu untuk dapat disampaikan kepada pelanggan : keinginan dan kebutuhan, dan senatiasa lebih mudah untu membangun hubungan antara perusahaan dan pelanggan perlunya pengelolaan data dan informasi pelanggan dengan baik).
Manajemen hubungan pelanggan termasuk perangkat lunak dan alat-alat browser berbasis aplikasi yang mengatur dan mengumpulkan informasi tentang pelanggan.
Misalnya, sebagai bagian dari strategi mereka CRM, bisnis mungkin menggunakan database pelanggan informasi untuk membantu membangun sebuah survei kepuasan pelanggan, atau memutuskan produk baru yang mungkin diinginkan oleh pelanggan dalam tujuan pelanggan akan tertarik dengannya ataupun dengan melakukan perbaikan proses bisnis yang telah ada sesuai dengan situasi pasar, persaingan dan inovasi dari perusahaan. CRM begitu penting dan sangat menentukan pada saat ini, kita semua sadar arti pentingnya pelanggan kepada maju mundurnya suatu bisnis. Mari kita lihat pasar : situasi persaingan, pelayanan dan beragam kemudahan yang mudah didapatkan oleh pelanggan saat ini adalah contoh kongkrit bagaimana CRM telah bekerja dan dijalankan.
Pemimpin bisnis harus melakukan empat hal untuk memiliki hubungan pelanggan menguntungkan yakni :
  1. Anda harus terus menarik (menguntungkan) pelanggan baru di sektor industri yang telah diidentifikasi dalam rencana strategis Anda.
  2. Anda harus aktif mempertahankan (menguntungkan) Anda pelanggan saat ini dan membangun kembali hubungan dengan pelanggan masa lalu.
  3. Anda harus menyesuaikan produk dan jasa untuk lebih memenuhi harapan pelanggan dan kebutuhan Anda.
  4. Karyawan Anda harus terus dilatih dan dihargai untuk memberikan layanan pelanggan yang luar biasa.
Dua pasar yang berbeda : Konsumen dan bisnis ke bisnis (B2B) maksutnya adalah semua individu dan organisasi yang menginginkan barang dan jasa untuk penggunaan dalam memproduksi barang dan jasa lain atau untuk penjualan, penyewaan, atau pemasokan barang kepada orang lain.
Berikut ini adalah proses pengambilan keputusan :
  •  Pengenalan masalah 
  •   Pencarian informasi 
  •  Evaluasi alternative
  • Keputusan pembelian / tidak ada pembelian
  • Evaluasi pasca pembelian
Dalam pengambilan keputusan ada beberapa faktor lain yang penting yang definisinya tidak femilier bagi Anda yakni :
Ø  Pembelajaran
Ø  Kelompok referansi
Ø  Kultur
Ø  Subkultur
Ø  Ketidakcocokan kognitif

MEMILIH UNTUK KEPEMIMPINAN BISNIS


Disini akan menerangkan dari kesimpulan yang saya peroleh dari bab.5 ini yakni Memilih untuk kepemimpinan Bisnis.

CHAPTER 2
MEMILIH UNTUK KEPEMIMPINAN BISNIS
Untuk bertahan dalam dunia bisnis, mungkin membutuhkan bantuan dari seseorang dengan keahlian yang lebih dibandingkan anda pada area tertentu. Dari kepemilikan bisnis ada 3 bentuk utama yakni :
·         Perusahaan kepemilikan tunggal
·         Perusahaan rekanan
·         Korporasi
Berikut saya akan memaparkan secara detail mengenai kerugian dan keuntungan d
Ari bentuk – bentuk dasar kepemilikan bisnis.
1.      Perusahaan kepemilikan tunggal
      adalah sebuah bisnis yang dimiliki dan biasanya dikelola oleh satu orang. perusahaan kepemilikan tunggal adalah bentuk kepemilikan bisnis yang paling umum dan mudah.
Keuntungan :
  • Kemudahan untuk memulai dan mengakhiri bisnis tersebut
  • Menjadi atasan anda sendiri
  • Kebanggaan atas kepemilikan
  • Meninggalkan warisan
  • Kepemilikan atas laba perusahaan
  • Tidak ada pajak khusus

Kerugian :
  • Kewajiban tidak terbatas
  • Sumber daya finansial yang terbatas
  • Kesulitan manajemen
  • Komitmen waktu yg besar
  • Tunjangan sampingan
  • Pertumbuhan yg terbatas
  • Rentang hidup yg terbatas
2.       Perusahaan Rekanan
       adalah suatu bentuk legal bisnis dgn dua pemilik atau lebih. ada 3 jenis rekanan yaitu perusahaan rekanan umum, perusahaan rekanan terbatas, perusahaan rekanan umum. berikut adalah keuntungan dan kerugian perusahaan rekanan :
Keuntungan :
  • Lebih banyak sumber finansial
  • Manajemen bersama dan ketermpilan 
  • Kemampuan bertahan hidup lebih lama
  • Tidak ada pajak khusus
Kerugian :
  • Kewajiban tdk terbatas
  • Pembagian laba
  • Perselisihan antara rekanan
  • Kesulitan untuk berhenti
3.       Korporasi 
       adalah sebuah entitas legal dgn otoritas untuk bertindak dan mempunyai kewajiban terpisah dari pemiliknya. berikut keuntungan dan kerugian korporasi :
Keuntungan :
  • Kewajibn yg terbatas 
  • Lebih banyak uang untuk investasi
  • Ukuran
  • Hidup terus menerus
  • Kemudahan u/ menarik karyawan yg berbakat
  • Pemisahan kepemilikan dari manajemen
Kerugian :
  • Pekerjaan surat menyurat yg ekstensif
  • Pemajakan ganda
  • Dua pengembalian pajak
  • Ukuran
  • Kesulitn u/ mengakhiri
  • Kemungkinan konflik
  • Biaya awal
4.  Korporasi S
        adalah kreasi pemerintah yg terlihat seperti korporasi, tetapi d pajaki seperti peruahaan kepemilikan tunggal dan perusahaan rekanan.

5.   Perusahaan kewajiban terbatas
        adalah perusahaan yg mirip dgn Korporasi S, tetpi tanpa persyaratan kelayakan khusus. berikut adalah keuntungan dan kerugian Perusahaan kewajiban terbatas :
Keuntungan :
  • Kewajiban terbatas
  • Pilihan pada pemajakan
  • Aturan kepemilikan yg fleksibel
  • Distribusi laba dan kerugian yg fleksibel
  • Fleksibilitas operasi
Kerugian :
  • Tidak ada saham
  • Rentang hidup yg terbatas
  • Insentif yg lebih sedikit
  • Pajak
  • Pekerjaan surat menyurat

MENGELOLA DALAM LINGKUNGAN BISNIS DINAMIS


Dalam minggu lalu ( 11 september 2012 ) saya mendapat suatu kesimpulan dari bab 1 ini yakni Mengelola dalam lingkungan bisnis dinamis. Dan berikut saya paparkan keterangan lebih lanjutnya.

CHAPTER 1
MENGELOLA DALAM LINGKUNGAN BISNIS DINAMIS

           Saat ini lingkungan bisnis berubah semakin dinamis. Perubahan-perubahan lingkungan bisnis tersebut terjadi begitu cepat. Keberadaan internet dan penggunaan teknologi informasi dalam bisnis telah memangkas waktu dalam memperoleh informasi. Aktivitas-aktivitas bisnis seperti merger, akuisi maupun ekspansi bisnis perusahaan yang biasanya dilakukan dalam waktu lama sekarang bisa dilakukan lebih singkat. Demikian pula informasi mengenai kegiatan kompetitor bisnis juga lebih dapat diketahui secara dini. Aplikasi-aplikasi seperti Bussiness Intellegence, Dashboard information system dan aplikasi model Decision Support System telah menjadi kebutuhan dalam membantu proses pengambilan keputusan.  Kualitas hidup merujuk pada kesejahteraan suatu masyarakat secara umum dalam hal kebebasan berpolitik, lingkungan hidup alami yang bersih, keamanan, pendidikan, perawatan, kesehatan, waktu luang dan segala sesuatu yang menuju pada kepuasan dan kesenangan. jadi dengan kata lain, bisnis dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas taraf hidup masyarakat dengan cara menciptakan kekayaan yg diperlukan.
            Bisnis mempunyai lima faktor produksi yakni :
  • tanah ( sumber daya alam )
  • tenaga kerja
  • modal
  • kewirausahaan
  • pengetahuan
      Menurut kesimpulan saya, dari kelima faktor tersebut yang terpenting adalah kewirausahaan dan pengetahuan. Karena tanpa adanya itu, tanah, tenaga kerja, dan modal tidak berguna.
Selain itu, lingkungan bisnis juga dapat membantu atau bahkan menghambat perkembangan bisnis. berikut adalah faktor - faktornya :
  • Lingkungan ekonomi dan hukum
  • Lingkungan teknologi
  • Lingkungan persaingan
  • lingkungan sosial
  • Lingkungan bisnis global

     Apalagi di jaman sekarang adanya teknologi canggih yang menunjang dan memberi manfaat bagi pekerja, bisnis dan konsumen. Teknologi bagi para pekerja untuk menjadi lebih efektif, efisien dan produktif. Semakin banyak yang dihasilkan oleh para pekerja, semakin tinggi pula nilai mereka bagi perusahaan dan semakin banyak pula yang mereka peroleh.