Selasa, 16 Oktober 2012

Memproduksi barang dan jasa kelas dunia

     Pada kesempatan ini, aku dan kelompokku mempresentasikan tentang bab ini. awalnya sih kami bingung untuk membicarakan dan membahas pada bab ini seperti apa, penjelasan kami di depan kelas apakah nyampai ke pendengar. Dan pada akhirnya inilah yang kami bahas pada waktu mempresentasikan bab ini.



CHAPTER 4
MEMPRODUKSI BARANG DAN JASA KELAS DUNIA


     Di Amerika, cara para pemfaktur untuk mendapatkan kembali daya kompetitifnya adalah :
  • Fokus pada pelanggan
  • Mempertahankan hubungan erat dengan pemasok dan perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
  • Pengembangan yang kontinu
  • Fokus pada kualitas
  • Menghemat biaya
  • Mengandalkan internet
  • Teknik produksi yang baru
    Berikut ini ada beberapa pengertian - pengertian diantaranya :
               Produksi adalah pembuatan barang dan jasa dengan menggunakan faktor - faktor produksi. manajemen produksi merupakan semua aktivitas manajer untuk membantu perusahaan mereka membuat barang.
               Manajemen operasi adalah manajemen yang mengubah atau mentransformasikan sumber menjadi barang dan jasa. Form utility yaitu nilai yang ditambahkan pada suatu pembuatan produk dan jasa yang telah jadi.
               Manufaktur proses merupakan bagian proses yang dimana secara fisik ataupun kimiawi mengubah bahan. Proses perakitan merupakan suatu proses yang dimana menyatukan suatu komponen - komponen menjadi barang. Proses berkelanjutan merupakan proses dimana suatu produk lama berjalan dan menghasilkan barang jadi berkali - kali. Dan proses sebentar - bentar adalah suatu proses dimana jumlah barang yang dihasilkan sedikit dan mesin sering diganti untuk menghasilkan barang yang berbeda.
    Selain itu, tujuan utama dari manufaktur dan manajemen yakni untuk menyediakan produk dan jasa yang berkualitas tinggi secara instan sebagai respon terhadap permintaan pelanggan.
               Manufaktur yang fleksibel  merupakan mendesain mesin untuk melakukan banyak tugas, supaya mesin tersebut menghasilkan beragam produk.
               Manufaktur yang ramping adalah produksi barang dengan menggunakan segala sumber yang lebih sedikit ketimbang massa produksi ; usaha yang lebih sedikit, ruang manufaktur yang lebih sedikit, investasi yang lebih sedikit dan waktu perencanaan yang lebih sedikit untuk mengambangkan produk.
                Penyesuaian massa adalah menyesuaikan pelanggan individu dengan suatu produk yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan individu tersebut.

PERENCANAAN MANAJEMEN OPERASI
Perencanaan manajemen operasi melibatkan banyak isu yang sama, baik dalam sektor manufaktur maupun sektor jasa. isu - isu ini meliputi :
  • Lokasi fasilitas
  • Tata ruang fasilitas
  • Perencanaan persyaratan bahan
  • Pembelian
  • Pengendalian investasi
  • kontrol kualitas
Langkah - langkah yang dilibatkan dalam penggunaan PERT adalah :
  1. Menganalisis dan mengurutkan tugas - tugas yang harus dikerjakan
  2. Memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas
  3. Menggambarkan jaringan PERT yang mengilustrasikan langkah dari 1 dan 2
  4. Mengindentifikasikan jalan penting
Bagan GANTT adalah sebuah grafik batang yang dengan jelas menunjukkan proyek yang sedang dikerjakan dan seberapa banyak yang telah diselesaikan dalam waktu tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar